Kesombongan Harimau dan Elang

Penulis: Wisnu Mustafa | Editor: Hamzet

Pagi (www.flash-screen.com)

Hari masih pagi sekali, langit pun masih terlihat gelap. Pak Matahari baru mulai membuka matanya. Menggeliat-geliat memancarkan sinar nya keseluruh alam. “Hoah……….Selamat Pagi Dunia”, teriak nya. Beno si Ayam jantan pun terbangun dia segera berteriak lantang, “kukuruyukkkkkkkkkk, ayo bangun, ayo, semua bangun, teriaknya penuh semangat meskipun dengan mata yang masih sedikit terpejam. Kenari, Jalak,Nuri, dan kutilang pun segera bersahut-sahutan membangunkan semua penghuni bumi.

“Citt, cuit, cuit, cit cit,cuit……..”. Ayo bangun semua, mereka terbang kesana kemari menari dan bernyanyi. Ramai sekali suara mereka. Diantara keramaian penghuni hutan, hanya Miki si tikus dan pigi si babi hutan yang masih tidur lelap. Semalaman mereka habis mencari makan, siang adalah waktunya mereka tidur. Rombongan semut tampak sudah berbaris dengan rapi, bekerja membawa bahan makanan untuk anak-anak mereka di dalam sarang. Kupu-kupu mulai beterbangan mengelilingi bunga-bunga yang mulai menggeliat bangun.

****

Di sudut hutan tampak Harimau si raja Hutan dan Elang sedang bertengkar. Elang merasa kekuatan nya yang paling super dibandingkn dengan harimau. Si Raja hutan pun tak mau kalah. “Kekuatan ku yang paling super maka nya aku dijuluki si raja hutan”, seru nya dengan nada kesal.

“Semua mahluk di hutan ini tunduk kepadaku. Akulah yang terkuat di hutan ini”, kata harimau setengah berteriak. Elang tak mau kalah,” kau boleh berbangga hati di daratan engkau yang paling ditakuti, tapi kau tetap tak bisa terbang? Kau tak punya kekuatan super untuk terbang seperti aku! Teriak elang dari atas pohon.

Pohon-pohon pun merasa terganggu dengan pertengkaran antara Harimau dan Elang. Pohon beringin yang terbesar berkata dengan suara parau. “ sudah lah kalian tak akan selesai berdebat seperti itu, lebih baik kalian cari si burung hantu, dia pasti bisa menjelaskan dan menentukan siapa yang paling hebat diantara kalian.

Atas saran pohon beringin,berangkatlah mereka mencari Burung Hantu.

***

 

Elang (www.dragoart.com)

Di puncak pohon yang tinggi, burung hantu sedang terkantuk-kantuk ketika, Harimau dan Elang memanggilnya. “heiii burung hantu, cepat turun, aku mau bicara, teriak harimau. “Huuh ada apa sih kalian mengganggu jam tidur ku”, sahut burung hantu dengan kesal. “ Kami mau minta pendapat mu, sebenarnya siapa yang kekuatan nya paling super diantara kami, jawab elang.

“Mahluk yang punya kekuatan adalah yang didalam tubuhnya mengalir energy. Dengan energy itu semua mahluk mempunyai kekuatan untuk bergerak, berlari bahkan terbang. Sebenarnya tidak ada satupun dari kalian yang bisa di bilang super”, sahut si burung hantu.

“akulah yang terkuat dan punya kekuatan super itu, hei burung Hantu Bodoh, Teriak Harimau dengan marah. “ Tidak, bukan kamu, akulah Elang, mahluk terkuat dan terperkasa, sahut Elang tak mau kalah.

Burung hantu berfikir sejenak, “…..ehmm, sebenarnya yang punya kekuatan super itu adalah semua tumbuh-tumbuhan di hutan ini, jawab nya singkat. “Kamu ngaco”, teriak elang, bagaimana mungkin tumbuhan punya kekuatan super, pohon tak pernah melawan ketika dimakan rusa, kambing, kelinci,bahkan ulat sekalipun.

Burung hantu tersenyum, baiklah akan kujelaskan mengapa aku berkata demikian.

“Pak Harimau, apakah badan mu akan kuat jika kau tidak memakan rusa? Badan mu pasti akan merasa lemas kan? Pak Elang, apakah kau sanggup terbang tinggi jika kamu belum makan tikus atau kelinci? Pernahkah kalian berfikir darimana energi yang membuat kalian menjadi kuat.

Harimau dan Elang pun terdiam, “ lalu apa hubungan nya dengan tumbuh-tumbuhan yang kau bilang tadi? Sahut harimau.

Kekuatan super yang kalian miliki sesungguhnya berasal dari energy yang dihasilkan oleh pohon-pohon di hutan ini. Pohon mempunyai zat yang disebut klorofil pada daun-daunnya. Dengan bantuan sinar matahari,air (H2O) dan karbondioksida (CO2) mereka memasak semua bahan-bahan ini menjadi energy dan oksigen.

“lalu apa hubungannya dengan energy yang kami milki,kami tidak pernah makan tumbuhan, Tanya harimau dengan sedikit bingung. “ He he, pak harimau kamu memang tidak pernah makan rumput tapi rusa yang kau makan pasti makan rumput kan?

Energi yang di hasilkan oleh rumput yang menghijau di savana, mengalir masuk kedalam tubuh rusa, lalu rusa itu kau makan maka energinya pun akhirnya mengalir kepadamu. Demikian pula dengan Elang, kamu memang tidak makan rumput atau umbia-umbian tapi tikus yang kau makan memperoleh energy dari umbi yang dia makan, energy pada umbi mengalir masuk kedalam tubuh tikus lalu mengalir ke tubuhmu ketika kau memakan nya.

Energi berpindah dan mengalir secara terus-menerus dari Matahari ke produsen (tumbuhan hijau), lalu ke konsumen (hewan dan manusia). Perpindahan energi secara terus-menerus ini disebut dengan istilah arus energi. Di Dalam ekosistem, aliran energi berpindah melalui suatu rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Tumbuhan diberi kemampuan untuk membuat makanan nya sendiri dalam bentuk karbohidrat dan oksigen. Tumbuhan dimakan oleh kelinci, rusa, kambing dan semua hewan pemakan tumbuhan. Energi dari tumbuhan pun mulai berpindah ke hewan-hewan ini. Lalu kau pak harimau, pak elang dan semua hewan pemakan daging termasuk aku, memakan hewan-hewan pemakan rumput ini. Energi pun segera berpindah dari mereka ke tubuh kita. Begitu seterusnya, inilah yang di sebut sebagai rantai makanan. Rantai makanan adalah pengalihan energi dari sumbernya (tumbuhan) melalui sederetan peristiwa makan dan dimakan. Nanti pada saat nya ketika kita mati, semua energy itu akan kita kembalikan kepada tumbuhan. Tubuh mati kita akan di uraikan oleh bakteri pengurai (decomposer) dan akan kembali diserap dari dalam tanah oleh akar tumbuhan.

“Jadi siapa sesunguhnya pemilik energy super yang kalian miliki itu? Tanya burung hantu

Harimau dan Elang pun terdiam, mereka tertunduk malu atas kesombongan mereka selama ini. Pemilik energy super itu ternyata adalah mahluk yang selama ini tidak mereka pandang sama sekali.

Pepohonan dan semua rerumputan di hutan inilah pemilik energi super itu.

Beringin,cemara,flamboyant,rerumputan dan semua tumbuhan hijau di hutan tersenyum.Matahari pun tertawa terbahak-bahak sambil memegang perutnya yang bundar.

Ekosistem

 

Catatan : Dongeng tentang proses fotosintesis pada tumbuhan dan bagaimana arus energy mengalir pada suatu ekosistem

Savana : Padang rumput yang luas

Klorofil : Zat hijau daun yang terdapat pada tumbuhan

Decomposer : Bakteri pengurai

 

Share

About roni